Endang Dwi Haryanti

Perjalanan hidup yang menempaku, mengantarkan ke blog gurusiana ini Walau terlambat memulai semoga tetap berarti. Menulis adalah wisata hati, tempat bebas unt...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menyambut Tahun Ajaran Baru, Zaman Baru ....
Matsama virtual

Menyambut Tahun Ajaran Baru, Zaman Baru ....

Tahun ajaran baru 2020/2021 sudah mulai sejak hari Senin tanggal 13 Juli 2020. Matsama (Masa Ta'aruf Siswa Madrasah) akan berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Juli 2020, serentak dari tingkat MI, MTs dan MA. Semua menunggu perkembangan situasi dan kondisi, berharap dari hari ke hari keadaan akan membaik. tapi apa mau dikata, virus ini masih bersama kita, sepertinya dia masih enggan untuk pulang. bahkan ada yang belum menyelenggarakan acara perpisahan, berharap bisa menyelenggarakan secara normal, namun lagi lagi kekecewaan melanda calon alumni dan pihak sekolah. moment indah yang diharapkan tan kan menjadi kenyataan.

Saat tahun ajaran baru sudah di depan mata, maka semua bersiap untuk menyambut peserta didik baru dengan berbagai cara. Untuk zona merah Jakarta, hanya cara virtual yang memungkinkan. yang paling menyedihkan tentu orangtua murid tingkat RA/TK. Mereka biasanya begitu semangat mengantar anak mereka untuk pertama kali menginjakkan kaki di sekolah. Tak kalah sedih para gurunya, mereka biasa menyambut anak anak balita ini menjadi bagian dari hidupnya, bagaimana tidak, para guru itu menggantikan hampir semua peran orang tua selama di sekolah. Semua harus belajar dalam perubahan zaman.

Dalam pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah (ta'aruf siswa Madrasah) berbagai terobosan dilakukan para guru terutama bidang kesiswaan unutk menampilkan hal menarik kepada peserta didik baru. Mulai kegiatan kakak-kakak kelasnya, hingga menghubungi para alumni yang sudah sukses unutk memberikan testimoni, dan memberikan semangat kepada para peserta didik baru ini.

Luar biasa memang pandemi ini, menggerakkan kita untuk belajar berbagai hal baru, semua diharuskan belajar, kalau tidak ingin tergilas oleh zaman. Baik menjaga diri, meningkatkan kesehatan, menumbuhkan ekonomi, mempertahankan dapur agar tetap mengepul. ini adalah zaman evolusi, siapa yang tidak tahan dia akan mati. Semua harus mengenal IT, dari yang di kampung hingga yang di kota kota, tidak boleh lagi alergi dengan medsos. Harus tahan menggunakan masker, harus jaga kebersihan, harus bisa jaga jarak.

Selamat memasuki zaman baru, selamat merubah kebiasaan, selamat belajar berdisiplin. Hidup adalah pilihan, mau ikuti perubahan atau tertinggal dan tergilas zaman. Berharap kembali ke keadaan semula sepertiny sudah tidak memungkinkan. Walau kita tetap berharap dan berdoa agar keadaan kembali membaik, sambil metrus mencari solusi.

Selamat datang di dunia pendidikan yang baru, tetap harus belajar, berdisiplin, semangat mencerdaskan bangsa dengan berbagai cara. Tetap semangat .....

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasannya mantap ibu cantik.. Keren.. Sukses selalu ibu.. Salam

14 Jul
Balas

Salam sukses

14 Jul
Balas



search

New Post